Wednesday, January 9, 2013

PEUHMW PE-Ultra High Molecular Weight

PE-UHMW PE-Ultra High Molecular Weight
UHMW Polymer adalah polyethylene linear dengan berat molekul antara 1.000.000 g/ Mol ( RCH 1000 -RCH= Ruhr chemistry/ karenanya juga sering populer dengan sebutan PE 1000) sampai 6.000.000 g/ Mol ( rata-rata berat molekul) . Dengan kata lain UHMW polymer mempunyai berat molekul minimal 10 kali resin high density polyethylene ( HDPE) . Tingginya berat molekul ini yang membuat kombinasi karakter yang unik dari UHMW-PE sehingga berperan menggantikan kegagalan pada penggunaan aplikasi dengan polyethylene berat molekul yang lebih rendah.

Apa yang membuat UHMW-PE sedemikian penting dan banyak diaplikasikan? Adalah karena kombinasi yang sangat baik dari propertiesnya seperti ketahanan abrasi, kekuatan impak, tidak lengket, bersifat seperti melumasi ( self-lubricating) , koefisien friksi yang sangat rendah, serta kekuatan mekaniknya pada suhu yang sangat rendah ( cryogenic condition) .

Karena kombinasi yang unik dari kekuatan impak, ketahanan abrasi, ketahanan kimia, friksi properties, aman untuk makanan dan minuman, maka UHMW-PE banyak diaplikasikan sebagai material handling, sliding belt, bantalan pelindung, mesin-mesin pengolah makanan, pabrik-pabrik yang menggunakan kimia, pertambangan, alat-alat rekreasi, transportasi bahkan untuk orthopedik implant.

Keunggulan dan Keuntungan UHMW-PE
• Ketahanan abrasi yang sangat tinggi di banding thermoplastik lainnya.
• Ketahanan impak yang luar biasa sekalipun pada temperature sangat rendah
• Sangat baik sebagai sliding material karena koeffisien friksi yang sangat rendah
• Bersifat seperti melumasi ( Self-lubricating ( non-caking and sticking)
• Peredam suara yang sangat baik/ menghilangkan noise ( Sound dampening properties)
• Ketahanan kimia sangat baik
• Kemudahan dalam permesinan ( mudah dikerjakan)
• FDA and USDA approved

FDA-21 CFR 177.1520 ( PE UHMW nature)

UHMW vs. PTFE ( Teflon)

Bertahun-tahun, PTFE telah diaplikasikan untuk maksud-maksud yang membutuhkan ketahanan abrasi ( dikarenakan koefisien gesek yang paling rendah diantara thermoplastik) namun pada kenyataan hasilnya jauh dari harapan. Pilihan terbaiknya adalah UHMW, meskipun PTFE menawarkan koefisien gesek paling rendah, perlu diingat PTFE adalah thermoplastik yang lunak ( soft) ikatan molekulnya oleh karenanya cepat aus ( tidak tahan abrasi) .
Koefisien friksi UHMW mendekati koefisien friksi PTFE, tetapi performa ketahanan abrasi UHMW 30 kali lebih baik dibanding PTFE, sebagai tambahan dari soal harga PTFE tiga kali lebih mahal dibanding UHMW , karenanya UHMW dijuluki “ the poor man’ s teflon” . Sehingga untuk aplikasi dibawah 90C yang membutuhkan ketahanan aus, abrasi dan juga kelicinan pilihan yang tepat adalah PE-UHMW.

Hubungi marketing kami :
Marketing : Hudi Leksono
Address : Jl. Pinangsia III No.26A
City : Jakarta 11110
Province : Jakarta Indonesia
Phone : 021-6259958
Fax : 021-6259159
Email : hudi_leksono@yahoo.com



No comments:

Post a Comment